Afriansyah Noor Dicopot dari Jabatan Sekjen PBB, Tetap Jadi Anggota Biasa

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor resmi diberhentikan dari jabatannya oleh Penjabat Ketua Umum (Pj Ketum) PBB, Fahri Bachmid. Meski demikian, Afriansyah tetap menjadi anggota aktif PBB.

Beritatrend.com. -Jakarta senen, 17/06/24. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor resmi diberhentikan dari jabatannya oleh Penjabat Ketua Umum (Pj Ketum) PBB, Fahri Bachmid. Meski demikian, Afriansyah tetap menjadi anggota aktif PBB. Penggantian posisi Sekjen yang kini diemban oleh Mohammad Masduki diumumkan pada Minggu (16/6/2024).

“Iya, dia tetap masih anggota biasa partai PBB. Sebab beliau cuman dibebaskan dari posisi dan jabatan sebagai Sekjen saja, tetapi tetap masih sebagai anggota aktif partai,” ujar Fahri kepada wartawan.

Fahri menegaskan bahwa keputusan ini diambil sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai. Menurutnya, pergantian ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

“Pada hakikatnya kebijakan yang kami ambil tentunya berbasis pada aspek yang legal prosedural sesuai mekanisme AD/ART PBB yang berlaku. Alasan pergantian ini berkaitan dengan kebutuhan organisasi atau ‘organization needs’,” jelas Fahri.

Lebih lanjut, Fahri menjelaskan bahwa pergantian Sekjen dilakukan untuk mempercepat konsolidasi internal partai menjelang Pilkada Serentak 2024. “Proses pergantian posisi pengurus serta sekjen di internal PBB sering dilakukan sebab itu merupakan kewenangan penuh dari ketua umum atau Penjabat Ketua Umum DPP PBB sesuai kepentingan dan kebutuhan organisasi,” tambahnya.

Afriansyah Noor mengumumkan pemberhentiannya melalui video di akun TikTok resminya, menyatakan bahwa dirinya diberhentikan pada 12 Juni 2024, saat sedang menghadiri Konferensi International Labour Organization (ILO) di Jenewa, Swiss.

“Saya Afriansyah Noor, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan mantan Sekjen Partai Bulan Bintang, per tanggal 12 Juni 2024 kemarin, saya sudah diberhentikan dengan beberapa kawan-kawan sebagai pengurus Partai Bulan Bintang dan berita ini saya terima ketika saya sedang dinas di Konferensi ILO di Swiss, Jenewa,” ujar Afriansyah dalam videonya.

Afriansyah juga mengucapkan terima kasih kepada Yusril Ihza Mahendra dan rekan-rekannya yang telah memberhentikannya setelah 27 tahun berkarier di PBB. Dia juga menandai dua tahun pengabdiannya sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan di pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagai bagian dari amanah yang diberikan oleh partai.

“Dan sebagai orang yang sudah diberhentikan oleh Partai Bulan Bintang, khususnya oleh Pak Yusril dan teman-teman, saya mengucapkan ribuan terima kasih. Dan tepatnya juga hari ini tanggal 15 Juni, 2 tahun saya mengabdi sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan di pemerintahan Bapak Joko Widodo dan semua ini saya lakukan sebagai amanah yang diberikan partai baik itu sebagai institusi partai maupun pribadi. Kebersamaan saya bersama PBB selama hampir 27 tahun ini yang insya Allah sangat berkesan baik suka duka, sukacita, bersama-sama PBB,” katanya.

Perubahan ini menandai langkah penting dalam dinamika internal PBB, terutama menjelang Pilkada Serentak 2024, dengan harapan dapat memperkuat konsolidasi dan strategi partai untuk menghadapi tantangan politik yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *