Arlina Karoba: Mengabdi dari Papua ke Jambi Melalui Kukerta UNJA di Tabir Lintas, Merangin

Arlina Karoba, mahasiswi Program Studi Keperawatan dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi (UNJA), telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mengabdi kepada masyarakat.

Beritatrend.com. Merangin, Jambi,sabtu,01/06/24. Arlina Karoba, mahasiswi Program Studi Keperawatan dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi (UNJA), telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mengabdi kepada masyarakat. Arlina, yang berasal dari Wamena, Papua, kini tengah mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Koto Baru, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, Jambi.

Arlina merupakan penerima program afirmasi, sebuah inisiatif yang memberikan kesempatan pendidikan bagi individu dari daerah terpencil atau kurang berkembang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi mereka yang membutuhkan perhatian khusus.

Kukerta adalah mata kuliah wajib di Program Studi Keperawatan, yang mengharuskan mahasiswa untuk turun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat. “Dengan mengikuti Kukerta ini, kita bisa melihat dan memahami permasalahan yang terjadi di masyarakat secara langsung,” ujar Arlina. Ia menambahkan bahwa kehadiran mahasiswa di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat membantu menyelesaikan sebagian permasalahan dengan program-program yang dijalankan serta memberikan kontribusi positif.

Selama kegiatan sosial dan edukasi yang dilaksanakan, Arlina merasakan kehangatan sambutan dari warga Desa Koto Baru. “Saya merasa sangat senang karena disambut dengan baik oleh warga. Merasakan suasana baru dan berbaur dengan warga memberikan pengalaman yang sangat berbeda dibandingkan dengan di kampus,” ungkapnya.

Arlina juga berkesempatan mengajarkan keterampilan membuat tas rajut kepada ibu-ibu di desa tersebut. “Mengajarkan keterampilan ini bisa membantu mereka menambah penghasilan,” tutupnya dengan penuh kebahagiaan.

Dedikasi Arlina Karoba dari Papua ke Jambi melalui Kukerta ini menunjukkan semangat mahasiswa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dan membantu memajukan daerah-daerah yang membutuhkan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi Arlina, tetapi juga memberikan dampak positif bagi warga Desa Koto Baru.

sumber berita Universitas Jambi (UNJA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *