Bambang Susantono Mundur dari Kepala Otorita IKN, Siap Emban Tugas Baru dari Jokowi

Bambang Susantono resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) setelah memimpin sejak Maret 2022.

Beritatrend.com. -Jakarta selasa, 04/06/24.  Bambang Susantono resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) setelah memimpin sejak Maret 2022. Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (3/6/2024). Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima surat pengunduran diri Bambang dan mengeluarkan Keppres tentang pemberhentian dengan hormat.

“Bapak Presiden telah menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keppres tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono,” ujar Pratikno.

Sebagai langkah cepat, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN. Selain itu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni juga ditunjuk sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Perubahan kepemimpinan ini diharapkan dapat menjaga kelangsungan agenda penting di IKN, termasuk upacara 17 Agustus 2024.

“Sekaligus presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN,” kata Pratikno. “Dan juga mengangkat Wakil Menteri ATR, Wakil Kepala BPN, sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” imbuhnya.

Meski mundur dari posisi Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono tidak akan beristirahat lama. Pratikno mengungkapkan bahwa Bambang akan segera mendapatkan tugas baru dari Presiden Jokowi. Meskipun belum disebutkan secara rinci, tugas baru Bambang diperkirakan akan berfokus pada memperkuat kerja sama internasional untuk percepatan pembangunan IKN.

“Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden,” kata Pratikno kepada wartawan. “Untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” tambahnya.

Pengunduran diri Bambang Susantono ini membuka babak baru dalam pembangunan IKN Nusantara yang berlokasi di Kalimantan Timur. Dengan kepemimpinan baru, diharapkan proyek ambisius ini dapat berjalan lancar dan mencapai target-target pentingnya.

Bambang Susantono, yang telah memegang peran kunci dalam pengembangan IKN, diharapkan dapat membawa pengalaman dan wawasan internasionalnya untuk mendukung upaya Indonesia dalam mempercepat pembangunan ibu kota baru ini. Keputusan ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk terus memperkuat jaringan dan kerja sama internasional demi kesuksesan IKN Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *