Heboh Emas Antam Palsu: Begini Cara Mudah Cek Keaslian Emas Tanpa ke Toko

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan enam mantan pegawai PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTAM)

Beritatrend.com. -Jakarta sabtu, 01/06/24. Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan enam mantan pegawai PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTAM) sebagai tersangka dalam kasus penjualan emas ilegal yang dicap dengan logo Logam Mulia (LM) ANTAM. Pada Rabu (29/5/2024), Kejagung mengungkapkan bahwa terdapat 109 ton emas ilegal bercap logo LM ANTAM yang beredar di masyarakat.

Hal ini tentu saja menjadi perhatian besar bagi masyarakat Indonesia, mengingat emas adalah salah satu instrumen investasi yang sangat populer. Produk emas keluaran ANTAM khususnya, selalu menjadi buruan banyak orang karena keaslian dan kemurniannya yang terjamin.

Sekretaris Perusahaan ANTAM, Syarif Faisal Alkadrie, menegaskan bahwa seluruh produk emas logam mulia ANTAM dilengkapi dengan sertifikat resmi dan diolah di pabrik pengolahan dan pemurnian emas satu-satunya di Indonesia yang telah tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). Namun, mengingat kekhawatiran masyarakat atas maraknya peredaran emas palsu, ANTAM memberikan panduan praktis untuk memeriksa keaslian emas di rumah.

Berikut cara memeriksa keaslian emas ANTAM menggunakan sinar ultraviolet (UV), timbangan, ponsel, dan magnet:

Emas ANTAM LM Klasik
1. Periksa Berat Emas : Timbang emas menggunakan timbangan digital. Jika berat emas sesuai dengan keterangan pada sertifikat, maka emas tersebut asli.
2. Uji Magnet : Letakkan emas di permukaan datar dan dekatkan magnet. Jika emas tidak menempel pada magnet, maka dapat dipastikan emas tersebut asli. Logam mulia tidak akan menempel pada magnet.
3. Sinar UV pada Sertifikat : Pancarkan sinar UV ke sertifikat emas ANTAM LM Klasik. Sertifikat asli akan memperlihatkan hologram ketika disorot oleh sinar UV.

Emas ANTAM LM Certicard
1. Unduh Aplikasi CertiEye : Unduh aplikasi CertiEye melalui Play Store atau App Store.
2. Scan Kode QR : Buka aplikasi dan scan kode QR pada CertiCard emas ANTAM LM. Logo ANTAM LM dengan tulisan “Authenticated” akan muncul jika emas asli.

Emas Gift Series LM
1. Pindai dengan Sinar UV : Pancarkan sinar UV ke emas Gift Series LM. Jika asli, akan muncul hologram.

Dengan panduan ini, masyarakat diharapkan dapat lebih tenang dan percaya diri dalam memastikan keaslian emas yang dimilikinya. ANTAM berkomitmen untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap produk emas logam mulia yang mereka keluarkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *