Jokowi Tetapkan 10 Juni sebagai Hari Kewirausahaan Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan tanggal 10 Juni sebagai Hari Kewirausahaan Nasional. Penetapan ini didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2024

Beritatrend.com. -Jakarta minggu, 16/06/24. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menetapkan tanggal 10 Juni sebagai Hari Kewirausahaan Nasional. Penetapan ini didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2024 yang ditandatangani langsung oleh Jokowi pada 10 Juni 2024.

Dalam Keppres tersebut, yang dilihat pada Minggu (16/6/2024), dijelaskan bahwa kewirausahaan memiliki peran penting dalam menyediakan lapangan kerja, menyerap tenaga kerja, mengurangi kesenjangan ekonomi, dan meningkatkan produktivitas nasional. Oleh karena itu, untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dunia wirausaha di Indonesia, Jokowi menetapkan tanggal 10 Juni sebagai Hari Kewirausahaan Nasional.

“Bahwa guna mendorong penumbuhkembangan kewirausahaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berwirausaha, Pemerintah menetapkan tanggal 10 Juni sebagai Hari Kewirausahaan Nasional,” demikian bunyi pertimbangan dalam beleid tersebut.

Meskipun dijadikan sebagai hari peringatan nasional, Hari Kewirausahaan Nasional tidak akan menjadi hari libur, sebagaimana ditegaskan dalam Keppres tersebut.

Pengumuman pertama kali mengenai Hari Kewirausahaan Nasional ini disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri Perayaan HUT ke-52 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Fairmont Hotel, Jakarta Selatan, pada Senin (10/6/2024). Jokowi menyebutkan bahwa penetapan ini merupakan kado ulang tahun bagi HIPMI.

“Sebagai kado ulang tahun, sudah saya sampaikan bahwa saya menandatangani Hari Kewirausahaan Nasional dalam bentuk Keppres,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa usulan penetapan Hari Kewirausahaan Nasional ini diajukan oleh para pendiri dan Ketua Umum HIPMI saat melakukan kunjungan ke Istana Negara.

“Sesuai dengan yang diajukan oleh para pendiri dan Ketua Umum HIPMI saat kunjungan ke Istana dalam bentuk Keppres,” tambah Jokowi.

Dengan penetapan ini, diharapkan semangat kewirausahaan semakin tumbuh di kalangan masyarakat, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *