Jokowi Tunggu Aliran Air Bersih untuk Mulai Berkantor di IKN pada Juli 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rencananya untuk mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Juli 2024. Jokowi menyatakan dirinya akan segera pindah ke ibu kota baru setelah air bersih tersambung sepenuhnya ke IKN.

Beritatrend.com.-Jakarta kamis, 06/06/24. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rencananya untuk mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Juli 2024. Jokowi menyatakan dirinya akan segera pindah ke ibu kota baru setelah air bersih tersambung sepenuhnya ke IKN. Bendungan Sepaku Semoi, yang menjadi sumber pasokan air untuk IKN, sudah diresmikan dan beroperasi, tinggal menunggu pemasangan pompa air yang ditargetkan selesai akhir Juni ini.

“Sangat optimis untuk kantornya. Ini masih nunggu satu, air, airnya Juli. Airnya juga kemarin sudah kita resmikan dengan Bendungan Sepaku, tinggal ini menunggu pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan, rumah-rumah yang ada di Ibu Kota Nusantara,” ungkap Jokowi saat berada di kawasan Istana Negara IKN pada Rabu (5/6/2024).

Jokowi juga menyebutkan bahwa pembangunan IKN sudah mengalami kemajuan pesat. Dalam kunjungannya kali ini, ia tidak lagi menginap di perkemahan, melainkan di rumah dinas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang memberikan pengalaman yang sangat nyaman.

“Tadi malam saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR ya pagi sangat indah sekali kemarin waktu sunset matahari terbenam sangat indah sekali dan ya suasana itu yang saya sampaikan. Tidur nyenyak sekali,” tambah Jokowi.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa air bersih akan tersambung ke IKN pada akhir Juni ini. Instalasi sistem penyaluran air mulai dipasang pada 7 Juni dan diharapkan selesai pada akhir Juni atau awal Juli.

“Insyaallah (Jokowi berkantor di IKN) kalau air sudah masuk. Juni ini air sudah masuk. Tanggal 7 Juni (pompa) air sampai di Balikpapan, di-install, mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli selesai,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

**Persiapan Upacara 17 Agustus di IKN Hampir Selesai**

Jokowi juga memastikan bahwa persiapan untuk upacara 17 Agustus 2024 di IKN hampir final. Lokasi lapangan upacara sudah diperiksa dan persiapan berjalan dengan baik tanpa hambatan berarti.

“Kedua untuk persiapan 17-an sudah hampir final, nggak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu persatu dari lokasi venue kemudian tata urutan upacara semuanya nggak ada masalah,” jelas Jokowi.

Presiden juga menambahkan bahwa pembangunan fisik infrastruktur dasar di IKN sudah mencapai 80%, termasuk interior dan eksterior bangunan yang terus berjalan dan dipastikan akan selesai dalam waktu dekat.

“Semua 80%-an. Interior, eksterior, semuanya dalam proses semua. Insyaallah selesai lah, selesai dalam waktu dekat,” pungkas Jokowi.

Dengan segala persiapan yang hampir selesai, Ibu Kota Nusantara diharapkan siap untuk menjadi pusat pemerintahan baru Indonesia pada bulan Juli 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *