Pendaftaran Sekolah dan Madrasah di Jakarta Telah Dibuka!

Tepat pada saat yang ditunggu-tunggu, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2024 telah resmi dibuka. Bagi para orang tua dan calon siswa yang ingin memastikan pendidikan terbaik untuk masa depan mereka

Beritatrend.com -Jakarta senen, 13/05/24. Tepat pada saat yang ditunggu-tunggu, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2024 telah resmi dibuka. Bagi para orang tua dan calon siswa yang ingin memastikan pendidikan terbaik untuk masa depan mereka, inilah waktu yang tepat untuk bersiap-siap!

Jalur Zonasi menjadi fokus utama dalam proses seleksi PPDB tahun ini. Bagi calon pendaftar, penting untuk memahami dan mempersiapkan diri sesuai dengan prioritas dan mekanisme seleksi yang telah ditetapkan. Di dalam proses tersebut, zona prioritas memegang peranan penting untuk menentukan kesempatan masuk.

Berikut adalah ikhtisar singkat mengenai zona prioritas dalam Jalur Zonasi PPDB Jakarta:

SD (Sekolah Dasar):
Zona prioritas pertama diperuntukkan bagi calon siswa yang berdomisili pada RT yang sama dengan RT sekolah.
Zona prioritas kedua diperuntukkan bagi calon siswa yang berasal dari kelurahan yang sama atau berdekatan dengan lokasi sekolah.

SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas):
Zona prioritas pertama diperuntukkan bagi calon siswa yang berdomisili pada RT yang sama dengan RT sekolah, atau pada RT yang berbatasan langsung dengan lokasi sekolah.
Zona prioritas kedua adalah untuk calon siswa yang tinggal di sekitar sekolah berdasarkan pemetaan.
Zona prioritas ketiga diperuntukkan bagi calon siswa yang berasal dari kelurahan yang sama atau berdekatan dengan lokasi sekolah.

Namun, perlu diingat bahwa dalam situasi di mana jumlah calon pendaftar melebihi daya tampung sekolah, urutan seleksi akan mengikuti kriteria-kriteria berikut:

1. Zona Prioritas: Keutamaan diberikan kepada calon siswa yang memenuhi syarat zona prioritas.
2. Usia Termuda: Jika masih terdapat lebih banyak calon siswa, prioritas selanjutnya adalah usia termuda ke usia termuda.
3. Urutan Pilihan Sekolah: Pilihan sekolah yang diajukan oleh calon siswa akan dipertimbangkan.
4. Waktu Pendaftaran: Waktu pendaftaran juga menjadi faktor penentu dalam hal seleksi akhir.

Sementara itu, untuk mereka yang tertarik dengan jalur pendidikan madrasah, PPDB Madrasah DKI Jakarta 2024 juga tengah membuka masa pra-pendaftaran hingga 26 Mei mendatang. Ini merupakan kesempatan emas untuk memilih jalur pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan harapan masa depan.

Bagi para calon pendaftar, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Semua informasi terkait prosedur pendaftaran dan persyaratan bisa diakses melalui situs resmi PPDB Jakarta dan PPDB Madrasah DKI.

Selamat mengikuti proses pendaftaran dan semoga sukses untuk perjalanan pendidikan yang gemilang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *