Pengakuan Spanyol terhadap Negara Palestina Disambut Hangat Wakil Ketua MPR RI HNW

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW), menyambut baik pengakuan resmi Spanyol terhadap Negara Palestina.

Beritatrend.com. -Jakarta kamis,23/05/24. Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW), menyambut baik pengakuan resmi Spanyol terhadap Negara Palestina. Dalam pertemuan di gedung Parlemen Spanyol, Madrid, pada Rabu (22/5), HNW menyampaikan apresiasinya dan berharap langkah ini diikuti oleh negara-negara lain. Pengakuan Spanyol ini diumumkan bersamaan dengan Irlandia dan Norwegia, menjadikan ketiga negara Eropa tersebut sebagai pendukung kemerdekaan Palestina.

“Pengakuan ini adalah peristiwa bersejarah yang bisa menjadi tonggak penting bagi Palestina untuk meraih status sebagai negara merdeka dan diterima sebagai anggota penuh PBB,” ujar HNW dalam keterangannya pada Kamis (23/5). Ia menambahkan bahwa dengan bertambahnya jumlah negara yang mengakui Palestina, kini ada 150 negara anggota PBB yang mendukung kemerdekaan Palestina, melebihi dua pertiga dari total anggota Majelis Umum PBB.

HNW juga memberikan apresiasi khusus kepada Irlandia dan Norwegia atas dukungan mereka, serta mendorong negara-negara Eropa lainnya seperti Belgia, Slovenia, dan Malta untuk segera mengikuti jejak tersebut. Menurutnya, dukungan internasional yang luas dapat membantu menghentikan penjajahan dan tragedi kemanusiaan yang dialami oleh rakyat Palestina.

“Dengan pengakuan ini, Palestina mendapat modal penting untuk memperjuangkan kemerdekaannya, sebagaimana yang dialami Indonesia saat meraih pengakuan internasional setelah proklamasi kemerdekaan,” jelas HNW. Ia mengingatkan bahwa pengakuan awal dari berbagai negara, termasuk Palestina, menjadi kunci bagi Indonesia untuk menghentikan penjajahan Belanda.

HNW juga menyoroti pentingnya kerja sama internasional untuk mengatasi aksi brutal Israel di Palestina, yang telah melanggar hukum internasional dan hak asasi manusia. Ia menegaskan bahwa semakin banyaknya negara yang mengakui Palestina sebagai negara merdeka menunjukkan bahwa perjuangan untuk kemerdekaan Palestina mendapatkan dukungan global yang semakin kuat.

Selain isu Palestina, HNW dan delegasi MPR RI juga membahas diplomasi parlemen untuk memperkuat demokrasi dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Spanyol. Pertemuan tersebut dihadiri oleh anggota MPR Tifatul Sembiring, Jazuli Juwaini, Tamsil Linrung, Abdul Hakim, dan Duta Besar RI untuk Spanyol Dr. M Najib. Delegasi MPR RI diterima oleh Ketua Senat Parlemen Spanyol, Pedro Rollan Ojeda, yang didampingi Senator Vicente Azpitarte.

Pengakuan Spanyol, Irlandia, dan Norwegia terhadap Palestina diharapkan dapat menjadi dorongan bagi negara-negara lain untuk mengikuti langkah serupa, menciptakan perdamaian, dan menghentikan penjajahan di Palestina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *