Rahasia Sukses Elli, Pemilik Bisnis Camilan Koncone Ngemil

Membangun bisnis yang sukses adalah impian setiap pengusaha. Perjalanan menuju sukses tidaklah mudah, penuh tantangan dan kerja keras.

Beritatrend.com -Jakarta rabu, 23/05/24. -Membangun bisnis yang sukses adalah impian setiap pengusaha. Perjalanan menuju sukses tidaklah mudah, penuh tantangan dan kerja keras. Salah satu contoh inspiratif datang dari Elliyina, atau yang akrab disapa Elli, pemilik bisnis camilan berbahan dasar melinjo dengan merek Koncone Ngemil. Elli berhasil mengembangkan bisnisnya hingga memiliki 125 mitra dengan 200 titik distribusi, bahkan mengekspor produknya ke Vancouver, Kanada. Setiap bulan, Elli menjual 2.500 bungkus emping melinjo. Berikut adalah beberapa rahasia kesuksesan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

1. Belajar Bisnis dari Nol
Elli tidak memiliki latar belakang bisnis. Sebagai lulusan pendidikan bahasa Inggris dan mantan pekerja korporat, ia memulai bisnisnya dengan belajar dari dasar. Elli menyarankan, jika waktu Anda terbatas, fokuslah pada satu aspek bisnis terlebih dahulu, misalnya pemasaran. Dengan ilmu yang diperoleh, Anda bisa menghadapi berbagai tantangan dalam membangun bisnis, yang pada akhirnya memperkaya pengalaman Anda.

2. Mengandalkan B2B dan Menjalin Hubungan Baik
Elli lebih mengandalkan penjualan B2B (business to business) daripada B2C (business to customer). Produk empingnya dijual ke mitra-mitra seperti Indomaret dan Alfamart, serta dititipkan di berbagai tempat, mencapai 200 titik distribusi. Elli menekankan pentingnya hubungan baik dengan mitra, yang memastikan permintaan produk secara rutin.

3. Proaktif Mencari Dukungan Pemerintah
UMKM mendapat banyak dukungan dari pemerintah karena perannya yang penting dalam perekonomian. Elli memanfaatkan berbagai program bantuan pemerintah, seperti bantuan minyak gratis dan motor untuk pengiriman produk. Ia menyarankan para pelaku usaha untuk aktif mencari informasi dan memanfaatkan dukungan yang tersedia.

4. Aktif di Media Sosial
Media sosial memainkan peran besar dalam branding bisnis. Elli aktif memanfaatkan media sosial untuk promosi, menggunakan konten video pendek dan Instagram Story. Selain itu, ia juga memanfaatkan iklan (Ads) untuk menjangkau lebih banyak audiens, memastikan produk Koncone Ngemil muncul di explore atau FYP (for your page) akun orang-orang.

Kesuksesan Elli dalam membangun Koncone Ngemil menunjukkan bahwa dengan belajar, menjalin hubungan baik, memanfaatkan dukungan pemerintah, dan aktif di media sosial, bisnis Anda juga bisa mencapai kesuksesan. Semoga kisah ini menginspirasi Anda untuk terus berusaha dan tidak menyerah dalam meraih impian bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *