Shin Tae-yong Dipuji Media Vietnam: Keputusan Cerdas Bawa Skuad Lapis Kedua Timnas Indonesia ke ASEAN Cup 2024

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, menerima pujian dari media Vietnam atas rencananya yang cerdas menjelang ASEAN Cup 2024. Pada akhir tahun 2024, Skuad Garuda akan menghadapi jadwal yang sangat padat.

Beritatrend.com. -Jakarta kamis,30/05/24. Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, menerima pujian dari media Vietnam atas rencananya yang cerdas menjelang ASEAN Cup 2024. Pada akhir tahun 2024, Skuad Garuda akan menghadapi jadwal yang sangat padat. Saat ini, Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim asuhan Shin sementara ini berada di peringkat dua Grup F putaran kedua babak kualifikasi.

Jika mereka berhasil lolos ke putaran ketiga, perjuangan akan dimulai lagi pada September 2024 hingga 10 Juni 2025. Di sisi lain, Timnas Indonesia juga akan tampil di ASEAN Cup 2024 yang berlangsung dari 23 November hingga 21 Desember. Jadwal yang padat ini menjadi tantangan besar bagi Witan Sulaeman dan kawan-kawan, mengingat pada 14 dan 19 November akan ada laga kelima dan keenam Kualifikasi Piala Dunia.

Untuk mengatasi masalah ini, Shin Tae-yong membuka opsi untuk membuat dua skuad Timnas Indonesia. Skuad utama yang berisikan pemain-pemain inti akan fokus pada ajang Kualifikasi Piala Dunia, sementara skuad kedua yang terdiri dari pemain-pemain yang berkarier di Liga 1 akan membantu timnas di ASEAN Cup.

Rencana ini belum dipastikan akan dijalankan karena Shin masih harus berdiskusi dengan Erick Thohir, Ketua Umum PSSI. “Untuk masalah bentuk dua tim atau tetap seperti ini, mungkin harus diskusi dulu dengan Pak Erick, Ketua Umum PSSI saat ini. Jadi kita diskusi dulu baru akan diumumkan bagaimana,” kata Shin Tae-yong.

Namun, ide ini mendapat pujian dari salah satu media Vietnam, Soha. Menurut mereka, cara ini sangat brilian karena dapat mengatasi sejumlah masalah. Pertama, mengatasi jadwal pertandingan yang tumpang tindih. Kedua, pemain yang berkarier di Eropa tidak bisa mengikuti ASEAN Cup karena bukan turnamen FIFA. Ketiga, Shin dapat memanfaatkan sumber daya pemain dalam negeri secara maksimal.

Beberapa nama pemain lokal yang bisa dipanggil untuk skuad kedua antara lain Malik Risaldi yang tampil impresif bersama Madura United dan Stefano Lilipaly yang sering diusulkan oleh para penggemar. Dengan rencana ini, Shin Tae-yong berharap dapat menjaga performa Timnas Indonesia di kedua ajang tersebut dan mengoptimalkan potensi pemain lokal.

Pujian dari media Vietnam menunjukkan bahwa strategi ini dianggap langkah yang cerdas dan inovatif, memberikan harapan besar bagi kesuksesan Timnas Indonesia di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *