Tragedi Helikopter Presiden Iran: Indonesia Sampaikan Keprihatinan Mendalam

Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam atas insiden jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi. Ucapan duka tersebut disampaikan melalui Kementerian Luar Negeri RI

Beritatrend.com. -Jakarta, senen 20/05/24. Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam atas insiden jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi. Ucapan duka tersebut disampaikan melalui Kementerian Luar Negeri RI lewat akun media sosial X pada hari Senin (20/5/2024).

“Pemerintah Indonesia mengikuti dengan penuh keprihatinan musibah yang menimpa helikopter yang membawa Presiden Iran, Y.M Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Iran, Y.M Hossein Amir-Abdollahian, dan para delegasi yang menyertainya,” tulis Kemenlu RI.

Dalam pernyataan tersebut, Kemenlu RI juga menyampaikan doa agar seluruh masyarakat Iran diberikan kekuatan dan agar musibah ini segera menemukan titik terang.

Insiden tragis ini terjadi pada Minggu (19/5/2024), ketika helikopter kepresidenan yang membawa Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur, serta pejabat dan pengawal lainnya, jatuh di hutan Dizmar. Helikopter tersebut diketahui jatuh setelah meresmikan bendungan di perbatasan Iran-Azerbaijan bersama Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev.

Menurut laporan dari kantor berita Associated Press, penyebab jatuhnya helikopter masih belum jelas. Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi menjelaskan bahwa helikopter terpaksa mendarat darurat akibat cuaca buruk dan kabut tebal. Lokasi kecelakaan yang berupa pegunungan dan hutan lebat, ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat, telah menghambat upaya pencarian dan penyelamatan.

Kantor berita pemerintah Iran, IRNA, melaporkan bahwa tim pencari dan penyelamat kini berfokus pada upaya pencarian lewat darat karena cuaca buruk menghalangi penggunaan drone.

Keberadaan Presiden Raisi dan para penumpang lainnya masih belum diketahui hingga saat ini. Seluruh dunia, termasuk Indonesia, menunggu dengan harap-harap cemas perkembangan terbaru dari upaya pencarian tersebut.

Ucapan keprihatinan dari Pemerintah Indonesia ini menegaskan solidaritas dan hubungan baik antara Indonesia dan Iran, serta keprihatinan mendalam atas musibah yang menimpa negara sahabat. Seluruh doa dan harapan terbaik dari rakyat Indonesia menyertai upaya pencarian dan keselamatan para korban.

Tragedi ini telah mengguncang masyarakat internasional, yang terus memantau perkembangan dengan penuh harap agar Presiden Raisi dan semua yang terlibat dalam kecelakaan ini dapat ditemukan dalam keadaan selamat. Sementara itu, pemerintah Indonesia menggarisbawahi pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi situasi darurat dan mengirimkan pesan solidaritas yang kuat kepada rakyat Iran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *