Wakil Jaksa Agung, Dr. Sunarta, Memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Di tengah semaraknya peringatan Hari Lahir Pancasila, Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta memimpin dengan gemilang Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Beritatrend.com.-Jakarta Senin, 3/06/24. Di tengah semaraknya peringatan Hari Lahir Pancasila, Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertemakan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045“.

Dalam upacara yang digelar di Lapangan Upacara Kejaksaan Agung, Dr. Sunarta mengungkapkan makna dan pentingnya Pancasila sebagai pilar utama yang menyatukan keberagaman Indonesia. Tema peringatan kali ini, menurutnya, menegaskan komitmen untuk membangun Indonesia menuju puncak keemasan pada tahun 2045 dengan semangat dan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasinya.

“Saat ini, kita merayakan ulang tahun Pancasila dengan penuh semangat, sebagai landasan dan penuntun kita menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Dr. Sunarta dalam pidatonya.

Pancasila, lanjutnya, tidak hanya sekadar sebuah ideologi, melainkan juga sebuah spirit yang memandu bangsa Indonesia melewati berbagai rintangan dan ujian sejarah. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, Pancasila menjadi kunci untuk membawa Indonesia ke arah kemajuan dan kemakmuran.

Dr. Sunarta juga menyoroti tantangan masa depan, terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi yang pesat. Menurutnya, Pancasila harus menjadi filter yang memastikan bahwa kemajuan teknologi tersebut tetap sejalan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengutamakan Pancasila dalam menyongsong bonus demografi, dengan metode dan cara-cara kekinian,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Sunarta juga menegaskan keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global yang terjadi. Ini, menurutnya, merupakan bukti dari kedewasaan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara.

“Mari kita bersama-sama merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita,” pungkas Dr. Sunarta, menutup pidatonya dengan mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus bersatu dan berkolaborasi demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. (Syaparudin).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *