Gerindra: Peluang Usung Anies di Pilgub Jakarta Nyaris Mustahil, Kenapa Bisa Begitu?

Dalam perkembangan politik terbaru, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, mengungkapkan kebahagiaannya jika ada yang ingin mengusung Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024.

Beritatrend.com. -Jakarta rabu, 29/05/24. Dalam perkembangan politik terbaru, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, mengungkapkan kebahagiaannya jika ada yang ingin mengusung Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024. Namun, di sisi lain, Partai Gerindra yang sebelumnya pernah mengusung Anies pada Pilgub 2017, kini menegaskan bahwa peluang tersebut hampir mustahil terjadi.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menyatakan bahwa sejauh ini tidak ada aspirasi dari kader maupun akar rumput partai yang mengusulkan nama Anies Baswedan untuk maju sebagai Calon Gubernur Jakarta.”Sejauh ini tidak ada aspirasi dari kader, akar rumput, maupun pengurus yang mengusulkan Anies sebagai Cagub Jakarta,” ungkap Habiburokhman saat dihubungi pada Selasa (28/5/2024).

Habiburokhman menjelaskan bahwa mekanisme pengusungan calon kepala daerah di Partai Gerindra biasanya dimulai dengan adanya masukan dari kader yang kemudian dibahas di DPP dan akhirnya diputuskan oleh Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina, Prabowo Subianto.”Mekanisme pencalonan kami biasanya ada masukan dari kader, lalu dibahas di DPP dan terakhir diputuskan oleh Pak Prabowo selaku Ketum sekaligus KDP,” jelasnya.

Hingga saat ini, menurut Habiburokhman, nama Anies Baswedan tidak muncul dalam diskusi internal partai. “Jadi nyaris mustahil Gerindra akan usulkan Pak Anies,” tambahnya.

Sebaliknya, nama yang banyak disebut di akar rumput Gerindra saat ini adalah Budi Djiwandono. Habiburokhman menyebutkan bahwa dukungan untuk Budi sangat kuat, terutama di daerah pemilihannya di Jakarta Timur.”Kalau di dapil saya Jaktim, banyak yang usulkan Budi Djiwandono, besar sekali dukungan untuk Mas Budi di seluruh penjuru Jaktim,” ujarnya.

Pernyataan Cak Imin

Sementara itu, Cak Imin sebelumnya menyatakan rasa senangnya jika Anies diusulkan untuk maju dalam Pilgub Jakarta. Meski begitu, Cak Imin mengaku belum berkomunikasi secara khusus dengan Anies mengenai hal ini.”Iya, saya pribadi senang sekali kalau Anies diusung, itu memang jadi bagian dari kebersamaan selama ini,” kata Cak Imin di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/5).

Ia juga menyebutkan bahwa internal PKB masih berdiskusi terkait Pilgub Jakarta dan DPP PKB masih mengumpulkan rekomendasi dari tingkat DPC dan DPW.”Tapi kita akan nunggu proses desk pilkada yang akan berdiskusi dengan semua kalangan,” ujarnya.

Cak Imin menambahkan bahwa diskusi terkait Pilkada 2024, termasuk DKI, akan dilakukan pada akhir bulan ini. “Nanti minggu depan, akhir bulan ini baru akan dibahas semua pilkada, termasuk DKI,” sambung dia.Pertanyaan yang muncul kini adalah, apa yang menyebabkan perubahan sikap Gerindra terhadap Anies? Apakah dukungan kepada Budi Djiwandono akan semakin kuat dan solid? Hanya waktu yang akan menjawab dinamika politik yang kian menarik ini. Saksikan terus perkembangan selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights