Kompolnas Puji Langkah Cepat Kapolda Sulteng dalam Ekshumasi Kasus Bayu Adityawan

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti, mengawasi langsung ekshumasi jenazah Bayu Adityawan

Beritatrend.com. -Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti, mengawasi langsung ekshumasi jenazah Bayu Adityawan di Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (4/10/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh Dirreskrimum Polda Sulteng Kombes Pol. Parojahan Simanjuntak, pengacara, keluarga almarhum, dan awak media.

Dalam pernyataannya kepada media, Poengky mengapresiasi respons cepat yang diambil oleh Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Agus Nugroho, dalam menangani kasus kematian tahanan Polresta Palu ini. “Saya puji langkah cepat Kapolda Sulteng yang segera mengambil alih penanganan kasus ini,” ungkapnya.

Poengky menjelaskan bahwa Polda Sulteng telah melakukan penanganan yang baik, baik secara pidana maupun kode etik. “Syukur Alhamdulillah, pelaksanaan ekshumasi berlangsung lancar,” lanjutnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalamannya, hasil ekshumasi biasanya baru keluar dalam satu hingga dua bulan ke depan. “Kami berharap masyarakat tidak berspekulasi tentang penyebab kematian almarhum dan menunggu hasilnya bersama,” pintanya.

Setelah hasil ekshumasi diumumkan, Kompolnas akan kembali menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat.

Bayu Adityawan, yang meninggal dunia pada 12 September 2024, menjadi sorotan karena kematiannya menimbulkan banyak spekulasi. Kasus ini menarik perhatian Komisi III DPR RI dan Kompolnas, yang merasa perlu untuk melakukan supervisi di Polresta Palu.

Dengan perhatian yang terus mengalir, harapan akan transparansi dan keadilan semakin meningkat. (Bahri). *

Exit mobile version