Roadshow Penerangan Hukum PT PLN (Persero) di Kalimantan Timur dan Utara: Meningkatkan Pemahaman Hukum dalam Transisi Energi Hijau

Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung kembali menggelar roadshow penerangan hukum di lingkungan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Beritatrend.com. – Balikpapan Jum’at,, 25/10/24. Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung kembali menggelar roadshow penerangan hukum di lingkungan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Acara yang diadakan di Aula PLN Balikpapan ini menjadi penutup dari rangkaian roadshow yang dimulai sejak Agustus lalu, dengan tema “Strategi Pengamanan Barang dan Jasa Pengelolaan/Pemulihan Aset di Lingkungan BUMN.”

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat pengambil keputusan dari UID PT PLN, baik secara langsung maupun daring. Tujuan utama acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum di kalangan pejabat PLN, terutama dalam konteks mitigasi risiko hukum yang semakin kompleks.

Tiga narasumber ahli, termasuk Joko Yuhono, S.H., M.H. dari Badan Pemulihan Aset, Dr. Asep Kurniawan Cakraputra, S.H., M.H. dari Kejaksaan Tinggi Banten, dan Dr. Ismaya Herawardhanie, S.H., M.H. dari Kejaksaan Agung, memberikan wawasan mendalam mengenai tantangan hukum yang dihadapi PT PLN, terutama dalam transisi menuju energi hijau.

“Transisi energi membutuhkan pemahaman yang kuat tentang hukum dan regulasi yang mengatur pengadaan barang dan jasa,” ungkap Dr. Ismaya dalam presentasinya. Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan pemulihan aset yang terhambat oleh masalah hukum menjadi sorotan utama, di mana PLN diharapkan untuk bertransformasi dalam pendekatan pengadaannya.

Dalam menghadapi transisi energi yang berkelanjutan, PLN dituntut untuk lebih cermat dalam operasionalnya, terutama dalam memanfaatkan aset yang selama ini belum optimal. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan dan Samarinda, serta berbagai perwakilan dari serikat pekerja dan manajemen PLN, yang menunjukkan komitmen kolektif dalam menjawab tantangan energi masa depan.

Dengan dilaksanakannya roadshow ini, diharapkan seluruh peserta dapat membawa pulang pemahaman yang lebih baik tentang aspek hukum dalam pengelolaan dan pemulihan aset, serta mendukung inisiatif PLN untuk mencapai keberlanjutan dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan.

Exit mobile version