Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Ruang Amal Indonesia, Dorong Pengelolaan Zakat Lebih Baik

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meresmikan peluncuran lembaga amil zakat baru, Ruang Amal Indonesia (RAI), di kantor Istana Wapres, Jakarta

Beritatrend.com -Jakarta selasa,14/05/24.  Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meresmikan peluncuran lembaga amil zakat baru, Ruang Amal Indonesia (RAI), di kantor Istana Wapres, Jakarta, Selasa (14/5/2024). Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengapresiasi kehadiran RAI dan menekankan pentingnya peningkatan jumlah serta kualitas lembaga amil zakat di Indonesia, mengingat potensi zakat dan wakaf yang sangat besar.

“Potensi zakat di Indonesia mencapai Rp 327 triliun, belum termasuk potensi wakaf uang yang mencapai Rp 180 triliun. Ini adalah peluang besar yang harus kita manfaatkan untuk membangun kesejahteraan umat,” kata Ma’ruf Amin. Ia menambahkan bahwa pengelolaan zakat yang baik dan transparan sangat penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

Ma’ruf juga memuji Kementerian Agama yang telah memberikan izin operasional kepada 170 lembaga amil zakat hingga Februari 2024. Ia berharap RAI dapat menjadi akselerator dalam transformasi pengelolaan dana sosial syariah di Indonesia.

Taufiq R Abdullah, Pembina Yayasan RAI, juga menyampaikan optimismenya. “Indonesia memiliki budaya kepedulian yang tinggi, terbukti dengan predikat sebagai negara paling dermawan di dunia selama 6 tahun berturut-turut. RAI akan fokus pada program sosial kemanusiaan, keagamaan, pendidikan, dan lingkungan,” ujarnya.

RAI telah merancang berbagai program, termasuk Amal Inklusi, Amal Vokasi, Amal Migran, Amal Tangguh, Amal Pangan, Amal Cendekia, Amal Sehat, Amal Wirausaha, Amal Lestari, dan Amal Wakaf. Taufiq menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pengelolaan filantropi di Indonesia.

Peluncuran RAI turut dihadiri oleh Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia; Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah; Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki; pimpinan Baznas Achmad Sudrajat; dan Ketua Yayasan RAI, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa. Mereka semua menyatakan dukungan dan harapan besar terhadap kontribusi RAI dalam membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui pengelolaan zakat yang lebih baik dan inovatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *