Inflasi Semakin Cekik Kantong Anak Muda, Harga Makanan Paling Menguras Dompet

Kabar buruk bagi para anak muda Amerika! Inflasi semakin menggigit dan yang paling terasa adalah lonjakan harga makanan

Beritatrend.com -Jakarta sabtu,11/05/24. Kabar buruk bagi para anak muda Amerika! Inflasi semakin menggigit dan yang paling terasa adalah lonjakan harga makanan. Menurut survei terbaru dari CNBC bersama Generation Lab, sebanyak 54% dari mereka yang berusia 18 hingga 24 tahun mengeluhkan bahwa biaya makanan adalah pukulan terberat bagi dompet mereka.

Dalam survei tersebut yang melibatkan 1.033 responden, ternyata biaya makanan memakan porsi terbesar dalam anggaran mereka, yakni mencapai 54%. Ini diikuti oleh biaya sewa dengan 22%, pengeluaran untuk kebutuhan pribadi 10%, perawatan kesehatan 6%, dan utilitas 6%.

Meskipun angin inflasi mulai reda setelah mencapai puncaknya di 9,1% pada Juni 2022, namun inflasi masih terus naik pada tingkat 3,5% tahun ke tahun pada Maret tahun ini berdasarkan indeks harga konsumen AS.

Namun yang paling mencemaskan adalah kenaikan harga makanan. Berdasarkan indeks harga konsumen, harga makanan melonjak hingga 25% dalam empat tahun terakhir, sementara kebutuhan lain hanya meningkat sekitar 21%.

Pertumbuhan upah memang telah melampaui angka inflasi sejak awal 2023, tapi kenaikan harga bahan makanan dan makanan takeout membuat banyak anak muda merasa tertekan, terutama mereka yang berpenghasilan rendah karena baru memulai karir. Hal ini membuat biaya makanan menyedot sebagian besar dari pengeluaran mereka.

Carla Adams, seorang perencana keuangan bersertifikasi di Michigan, mengatakan bahwa banyak orang mencoba memotong pengeluaran dengan mengurangi makan di luar. Namun, harga makanan di toko pun tak kalah mahalnya, membuat banyak orang merasa terjepit dalam upaya bertahan hidup.

Peningkatan biaya makanan ini dirasakan setiap hari, lebih besar daripada kenaikan biaya sewa yang juga meningkat drastis dalam empat tahun terakhir. Bahkan, harga-harga tersebut telah melampaui tingkat inflasi keseluruhan.

“Setiap orang butuh makan setiap hari. Hal-hal sederhana seperti mie instan adalah kegembiraan kecil yang bisa dinikmati tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Namun sekarang, pilihan itu semakin terbatas,” ujar Adams kepada CNBC Make It.

Jadi, memang benar adanya bahwa inflasi sedang menyengat, dan dampaknya terasa paling dalam di dapur para anak muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights